10+ Penyebab dan Gejala TBC Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab dan Gejala TBC – Penyakit tuberculosis atau lebih di kenal sebagai panyaki TBC merupakan penyakit yang sering di alami oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Penyakit ini menyebabkan sang penderita batu terus dalam jangka waktu yang lama, di mana TBC sendiri tergolong penyakit yang berbahaya jika dianggat sebelah mata.

penyebab dan gejala penyakit tbc Hal ini karena penyakit TBC secara umum terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru, namun penelitian yang dilakukan baru-baru ini membutihkan bahwa penyakit ini juga dapat menyerang organ tubuh yang lain seperti otak dan tulang belakang.

Penyakit ini disebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium tuberculosisi yang menyebebar dari satu orang keorang lainnya melalui udara, seperti pada saat penderita TBC batuk, bersih atau pun meludah. Untuk itulah jika di lungkangan sekitar anda ada yang menderita TBC sarankan untuk mereka menggunakan masker, agar tidak menular kemana.

Baca juga Cara Menebalkan Alis Secara Alami

Macam Penyakit tuberculosis

penyebab penyakit tbc

  1. infeksi belum terlihat(latent)

Di mana untuk penyakit TBC tipe ini, bakteri tinggal pada tubuh dalam keadaan tidak aktif sehingga belum menimbulkan gejala TBC dan tidak akan menular pada orang lain. Akan tetap bakteri tersebut dapat aktif kapan saja jika sistem imun tubuh mulai menurun.

  1. infeksi yang aktif (Active)

Pada infeksi yang aktid, bakteri menyebabkan munculnya gejala penyakit TBC dan bakteri tersebut dapat menular keorang lain.

Penyebab Penyakit TBC

gejala penyakit tbc

Penyebab utama penyakit TBC adalah bakteri Mycobacterium tuberculosisi, di mana bekteri tersebut akan terus hidup walaupun berada di luar tubuh manusia. Karena hal tersebut lah penyakit TBC ini dapat dengan mudah menyerang keorang sekitar.

Gejala Penyakit TBC

macam Penyakit BC

  1. Demam

Demam atau naiknya suhu dalam tubuh seseorang adalah bukan suatu penyakit, namun hal tersebut merupakan gejala dari munculnya suatau penyakit dan yang paling sering penyakit yang memiliki gejala tersebut adalah penyakit TBC. Untuk itulah jika anda sering sekali mengalami kenaikan suhu tubuh secara tiba-tiba, bisa saja hal tersebut merupakan gejala penyakit TBC.

  1. Tidak Nafsu Makan

Gejala TBC paling umum yang selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba dan karena hal tersebutlah berat badan anda akan mengalami penurunan secara drastis, sehingga badan anda mudah sekali diserang oleh penyakit lainnya.

  1. Batuk Bekepanjangan

Batuk yang diakibat oleh bakteri Mycobacterium tuberculosisi dapat belangsung dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga 3 minggu batuk tersebut tidak kunjung hilang. Untuk itulah jika anda mengalami batuk yang tak kunjung hilang, segeralah untuk memerisakan ke dokter supaya mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Baca juga Cara Mengecilkan Paha dan Betis Secara Alami

  1. Nyeri di Dada

Nyeri pada bagian dada juga merupakan salah satu gejala penyakit TBC, di mana nyeri tersebut terasa mulai dari leher hingga abdomen atas. Rasa nyeri tersebut seperti rasa terbakas diremas-remas dan tidak kunjung hilang.

  1. Batuk Berdarah

Salah satu gejala TBC yang sudah kronis adalah munculnya batuk berdarah. Di mana batuk tersebut terjadi karena telah terjadi kerusakan pada saluran pernapasan dan darah yang keluar pada saat batuk merupakan akibat infeksi paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosisi.

Pencegahan Penyakit TBC

pencegahan penyakit tbc

Penyakit TBC dapat dicegah dengan melaukan berbagai macam cara, salah satunya adlaah dengan menghentikan penularan penyakit TBC dari satu orang keorang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan mengenai banyak penyakit TBC dan cara mencegahnya.

Selain dilakukan pada orang yang sudah rentah terkena penyakit TBC, pada orang yang sehat juga perlu dilakukan penycegahan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit TBC.

  1. Vaksin BCG

Vaksi Bacillus Calmette-Guerin (BCG) adalah sebuah vaksin yang digunakna untuk mencegah bakteri Mycobacterium tuberculosisi masuk kedalam tubuh kita, oleh karena itu lah sekarang ini hampir seluruh bayi pasti diberikan vaksin BCG agar tidak mudah terserang penyakit TBC. Selain pada bayi, vaksin tersebut juga dapat diberikan kepada orang dewas berusia hingga 35 tahun.

  1. Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal

Seperti yang sudah kami sebutkan diawal tadi bahwa penyakit TBC ini dapat menular melalui udara, untuk itulah dengan menjaga kebersihan udara pada lingkungan sekitar dapat mencegah penyakit TBC datang menyerang.

  1. Perbaiki Sistem Imun Anda

Dengan memperbaiki sistem imun yang ada di dalam tubuh anda, maka dengan begitu bakteri Mycobacterium tuberculosisi yang akan menyerang tubuh anda dapat dikalahkan dan anda akan terhindar dari penyakit TBC.

Nah itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai penyebab dan gejala penyakit TBC yang harus anda ketahui. Sekian informasi dari kami, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya, karena masih banyak artikel mengenai kesehatan dan kecantikan yang bermanfaat untuk anda.

loading...
10+ Penyebab dan Gejala TBC Yang Harus Anda Ketahui | admin | 4.5